Rabu, 02 November 2011

ini alasan mengapa tidak perlu dukung komodo di sms kontes New 7 Wonders

Selama beberapa minggu terakhir ini saya bolak-balik dapat SMS dari teman-teman yang menyarankan untuk mendukung Pulau Komodo sebagai salah satu Tujuh Keajaiban versi baru. Caranya cukup mudah dan butuh pulsa hanya satu rupiah per pesan. Sejujurnya saya nggak langsung ambil tindakan mendukung. Bahkan sampai sekarang saya belum kirim SMS.
Bukannya nggak punya pulsa, tapi saya nggak tahu manfaat pasti yang bisa diberikan dari bentuk dukungan ini.
Ada yang bilang dengan menjadikan pulau Komodo sebagai New Seven Wonder maka secara otomatis akan mempromosikan potensi Wisata
Indonesia, khususnya pulau Komodo. Saya kok malah meragukan pernyataan tersebut. emangnya menarik atau tidaknya obyek Wisata
ditentukan oleh label dari organisasi lain. Menurut saya, keaslian obyek Wisata itu sendiri justru yang menjadi daya tarik utama. Biarpun ada organisasi besar yang kasih level the best tapi kalau memang realnya jelek, wisatawan pun nggak akan mau melirik.

KITA BISA PROMOSIKAN POTENSI Wisata SENDIRI

Untuk menghilangkan rasa ragu-ragu ini, saya coba googling dan menemukan beberapa informasi menarik seputar SMS dukungan untuk pulau Komodo। Kontes ini sejak awal memang mengundang pro dan kontra, baik di tingkat pejabat negara maupun marketer di Indonesia। Beberapa fakta diantaranya:

1. Maladewa mundur sebagai salah satu peserta New karena nggak mau diperas oleh panitia. Setahu saya memang demikian. Organisasi yang kasih label New Seven Wonder meminta sejumlah uang kepada para nominator.Tujuannya untuk apa saya juga belum paham, Ini hal yang aneh, mau kasih penghargaan Malah minta uang, Malah justru biasanya yang dapat juara itu yang di kasih .


2. Mantan Menbudpar Jero Wacik pernah menyatakan kalau yayasan yang menjadi Penyelenggara Kontes Nwew Seven Wonders tidak bisa dimintai pertanggungjawaban. Bahkan UNESCO pun tidak mendukung kompetisi New 7 Wonders. Nah, kalau organisasi sebesar PBB saja nggak mendukung kontes macam ini, lalu apa kita mau bunuh diri dengan membeli label palsu.

3. Indonesia pernah dicoret secara sepihak dari kompetisi New 7 Wonders karena tidak bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi dengan biaya sekitar 400 miliar rupiah. What? 400 miliar? Dana segede itu apa nggak lebih bermanfaat kalau dipakai untuk kebutuhan pendidikan anak jalanan? Kontes produk kapitalisme macam ini justru berpeluang membuat negara kita jadi lebih miskin.

Makanya, saya merasa bersyukur karena belum sempat kirim SMS dukungan buat pulau Komodo untuk dijadikan lokasi Tujuh Keajaiban Dunia yang baru. Kalau mau jujur nih, tanpa diminta pun pulau itu sudah menjadi Keajaiban Dunia. Habitat asli komodo cuma ada disana, dan itulah daya tarik utama wisata pulau Komodo. Kita nggak perlu beli label dari orang luar untuk promosikan potensi wisata dalam negeri. Saya menghimbau jangan mau dibohongi organisasi nggak jelas macam penyelenggara itu.

Bagaimana dengan Anda, apakah masih mau kirim SMS dukungan untuk Pulau Komodo sebagai New Seven Wonder?

0 komentar:

Posting Komentar